Rabu, 01 Agustus 2012

Biografi JOKER


Siapa yang tidak kenal dengan Joker? Musuh bebuyutan Batman yang satu ini memang memiliki sifat yang unik dan berbeda dengan musuh Batman yang lainnya. Namun dibalik karakter Joker buatan Bob Kane, ada fakta yang mengejutkan dari dunia nyata terkait karakter ini. Dalam film The Dark Knight, pemeran Joker dalam film tersebut (Heath Ledger) meninggal karena "terbawa" karakter Joker. Selain itu juga akhir-akhir ini ketika premiere film The Dark Knight Rises, ada seorang pemuda "gila" yang membunuh 12 orang dan dirinya mengaku sebagai Joker!!! Jadi ada apa dengan Joker? Mengapa orang-orang bisa gila karena karakternya?? Mungkin disini saya akan bahas sedikit mengenai bigrafi Joker

Joker adalah seorang pembunuh berantai, psikopat, dan telah lama menjadi musuh bebuyutan Batman. Penampilan Joker terlihat ekstrentik dengan kulit putih yang pucat, style baju berwarna ungu yang terlihat kartunis, serta dandanan yang tampil seperti seorang badut yang sedang tertawa. Karakter Joker digambarkan sebagai seorang yang sadis dan brutal dalam melakukan tindak criminal, ia juga dinilai sebagai salah satu penjahat paling berbahaya di kota Gotham.



Joker mendapatkan “Clown Prince of Crime” berkat aksi kriminalnya yang sering membunuh banyak orang dan membuat panic seluruh penduduk kota Gotham. Joker tidak membutuhkan motivasi untuk melakukan kejahatan selain dari hasrat sadisnya untuk menunjukkan sepada orang-orang betapa hidup itu sia-sia lewat rasa sakit dan kematian.

Kegilaan dan kejeniusan Joker dalam menyusun tipu-muslihat membuatnya menjadi musuh yang sangat berbahaya. Dalam versi komik, Joker tidak segan-segan membunuh banyak orang tidak bersalah, ia bahkan berhasil membunuh Robin (Jason Todd) serta menembak Batgirl (Barbara Gordon) sehingga membuatnya lumpuh.
Sebagai seorang karakter supervillain, uniknya Joker malah tidak memiliki kekuatan super yang melebihi manusia biasa. Sebagai gantinya, Joker memiliki kepintaran pada tingkat yang bisa dikatakan jenius, ia menggunakan kejeniusan ini untuk menciptakan berbagai macam perangkap, tindakan criminal, dan berbagai tipu muslihat untuk mengalahkan Batman. Secara mengejutkan, Joker juga memiliki kemampuan bertarung yang tidak bisa dianggap remeh, ia seringkali menggunakan berbagai macam senjata berbahaya yang tersembunyi dalam jubahnya.

Akibat kecelakaan di masa lalu ketika Joker bertarung melawan Batman, tubuhnya terkena radiasi bahan kimia yang berbahaya sehingga merusak penampilan fisiknya. Ironisnya, reaksi kimia ini malah membuat Joker menjadi kebal terhadap segala jenis racun dan tidak bisa merasakan rasa sakit. Kecelakaan ini juga yang menjadi penyebab utama yang membuat Joker menjadi seorang psikopat.



Joker menjadi salah satu musuh yang paling berbahaya dalam setting dunia Batman. Hal ini dikarenakan bukan karena ia memiliki kekuatan super, tetapi berkat taktik dan strateginya yang sangat licik, dan tidak segan-segan untuk membunuh siapa pun yang berusaha menghentikan Joker. Tokoh Joker telah ikonik sebagai musuh bebuyutan Batman sampai akhir hayatnya.

The Joker and Video Games
Banyak sekali kemunculan The Joker dalam video game. Ada perannya yang hanya menjadi boss character yang mesti dihadapi The Caped Crusader, diantaranya adalah Batman: Dark Tomorrow, Batman: The Caped Crusader, Batman: The Animated Series, Adventures of Batman & Robin untuk consol SNES (Super Nintendo 16-bit), The Adventures of Batman & Robin dan Batman: Chaos in Gotham untuk consol Sega. Namun ada juga dia menjadi main villain dalam keseluruhan game. Berikut ini adalah beberapa peran Joker dalam video game.

Batman: Vengeance
Dalam game ini dicetakan Joker mendanai penelitian tentang Promethium dan mengirimkan para anak buahnya yaitu Mo, Lar, dan Cur, untuk mengacaukan kota dengan meledakkannya!!! Dia hampir sukses membunuh Batman ketika bertarung di Jembatan Gotham, namun berakhir pada kematiannya dengan cara terjatuh dari jembatan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa kematian Joker hanya sementara, terlihat bahwa dia masih survive...


LEGO Batman: The Videogame
Setelah kabur dari Assylum, dia menjadi tiga musuh utama dalam game ini. Dia bekerjasama dengan Harley Quinn, Scarecrow, Killer Moth, dan the Mad Hatter. Tujuannya adalah untuk mengacaukan kota dengan menyebarkan Joker Gas ke seluruh kota Gotham. Tujuan Batman tentu saja mencegah hal itu terjadi.

Batman: Arkham Asylum
Setelah berhasil menagkap Joker, Batman menggiringnya ke penjara Arkham Asylum. Namun Joker masih berada dalam semangat yang tinggi dan merasa senang kembali ke Arkham Asylum. Hal ini tentu saja membuat Batman khawatir dan hati-hati terhadap tingkah laku Joker. Tanpa sepengetahuan Batman dan yang lainnya, Joker telah menyuruh Harley Quinn untuk secara diam-diam menguasai penjara Arkham tersebut. Joker akhirnya menjebak Batman dan yang lainnya dan terlibat dalam permainannya. Pada akhirnya tujuan Joker diketahui bahwa ia ingin menciptakan pasukan monster dengan cara menyuntikkan racun yang bernama "Titan."


Batman: Arkham City
Setelah dikalahkan oleh Batman, Joker berada dalam kondisi fisik yang lemah akibat racun ari Titan yang merusak tubuhnya. Walaupun begitu, Joker masih ingin mengalahkan Batman dengan cara menguasai "Arkham City Medical Facility".

Mortal Kombat VS DC Universe
Dalam game ini, diceritakan bahwa ada virus yang bernama rage yang akan membuat sakit para karakter, namun hanya Joker yang menikmati virus tersebut. Seperti halnya game Mortal Kombat. Joker juga menjadi playable character dan memiliki fatality tentunya..


Joker’s Profile
Nama asli: Unknown
Pencipta: Bob Kane, Bill Finger, dan Jerry Robinson (Concept)
Afiliasi, Harley Quinn, Bane, Dr. Penelope Young
Penampilan perdana: Batman edisi 1, 1940

Sumber: http://www.gamexeon.com/forum/gamepedia/87173-biografi-joker.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar